Minggu, 28 Oktober 2012

Kesehatan Ibu dan Anak


Peranan Keluarga dalam kesehatan Ibu dan anak

Keluarga adalah bagian dari masyarakat yang peranannya sangat penting untuk membentuk kebudayaan yg sehat. Dari keluarga inilah ,pendidikan individu dimulai , dan dari keluarga inilah akan tercipta tatanan masyarakat yg baik.

Keluarga dijadikan sebagai unit dasar pelayanan , karena masalah kesehatan keluarga saling berkaitan dan saling mempengaruhi antara sesama anggota keluarga dan akan mempengaruhi pula keluarga keluarga yang ada di sekitarnya atau masyarakat sekitar atau dalam konteks yg luas berpengaruh terhadap negara.

Menurut UU tahun 1992 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga sejahtera , pengertian keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yg terdiri dari suami , isteri , anak , atau ayah , ibu , dan anak .

Keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat mempunyai nilai strategis dalam pembangunan kesehatan , karena setiap masalah individu merupakan masalah keluarga dan sebaliknya . Kesehatan keluarga meliputi kesehatan suami , isteri , anak , dan anggota keluarga lainnya ( UU No 23 tahun 1992 )

Kasus kesehatan dari setiap individu perlu pendekatan secara holistik ( menyeluruh ) . Selain individu sebagai obyek kasus , juga individu sebagai obyek kasus , juga individu sebagai seorang manusia yang terkait dengan aspek fisik ( biologis ) , psikologis , sosial , dan kultural serta lingkungan . Masalah kesehatan individu merupakan suatu komponen dari sistem pemeliharaan kesehatan dari individu yg bersangkutan , individu sebagai bagian dari keluarga dan sebagai bagian dari masyarakat yg meliputi aspek biomedis , psikologis , aspek pengetahuan , sikap dan perilaku , aspek sosial dan lingkungan

( Dinkes Propinsi Jawa Tengah , 2004 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar