Jumat, 28 September 2012

TUGAS DASAR KESEHATAN LINGKUNGAN I 




1.    Jelaskan istilah berikut :
a.    Kesehatan lingkungan
b.    Transisi resiko lingkungan
c.    Transisi epidemiologi
Jawab            :
a.    Kesehatan lingkungan adalah upaya perlindungan , pengelolaan , dan modifikasi yang diarahkan menuju keseimbangan ekologi pada tingkat kesejahteran manusia yang semakin meningkat
b.    Transisi resiko lingkungan digunakan untuk mendeskripsikan perubahan perubahan resiko lingkungan yang terjadi sebagai suatu konsekuensi dari pertumbuhan ekonomi di bagian dunia yang kurang maju
c.    Transisi epidemiologi adalah perubahan pola kematian akibat infeksi , angka fertilitas total , umur harapan hidup penduduk dan meningkatnya penyakit tidak menular atau kronik
2.    Deskripsikan 3P yang merupakan determinan utama kesehatan !
Jawab:
a.    Pollution : polusi merupakan determinan utama dari kesehatan karena jika udara aman untuk dihirup , airnya aman untuk diminum dan tanahnya baik untuk ditanami dan bebas dari racun , limbah dikelola secara efektif , penyakit infeksi dikendalikan dan habitat alami terpelihara maka akan tercipta derajat kesehatan yang baik
b.    Population : populasi merupakan salah satu determinan utama kesehatan karena jika populasi semakin meningkat maka populasi akan mengeksploitasi lingkungan secara berlebihan yang akan mengakibatkan kerusakan lingkungan ,jika lingkungan rusak maka akan berdampak pada kesehatn populasi itu sendiri
c.    Poverty :  kemiskinan merupakan salah satu determinan utama dalam kesehatan karena pada masyarakat miskin biasanya kualitas makanan dan lingkungan tempat tinggal kurang baik sehingga akan menimbulkan berbagai penyakit
3.    A.  Diskusikan jenis jenis masalah kesehatan lingkungan yang ada di komunitas anda
Jawab :
Menumpuknya sampah dapat menyebabkan penyakit , perubahan cuaca ekstrem akibat dari krisis air bersih dan penggundulan hutan yang dapat menyebabkan penyakit
B. Review dan simpulkan minimal 3 artikel tentang kesehatan lingkungan yang anda baca di surat kabar dalam seminggu terakhir . Apakah artikel tersebut relevan dengan komunitas yg anda tinggali ?
jawab :
menurut saya artikel berikut sangat relevan dengan komunitas yang saya tinggali karena masalah masalah dalam artikel ini banyak ditemukan di dalam komunitas manapun .
1.    Judul Artikel : Cuaca Ekstrem Efek Domino Hutan Gundul.
Waktu terbit : Sabtu, 01 Sep 2012 00:03 WIB
Sumber         : Harian Analisa
Simpulan isi :
                  Belakangan ini, dalam kurun waktu sebulan lebih, Kota Medan tengah mengalami cuaca ekstrem hingga mencapai 37 derajat celcius. Kondisi terik matahari sepanas itu disebut-sebut merupakan tingkat "cuaca terpanas" sepanjang 30 tahun terakhir ini sejak tahun 1977. Diperkirakan cuaca ini akibat deforestasi (kerusakan hutan, hutan gundul) dan kerusakan ekosistem alam sekitar.
Secara bertahap namun pasti, kerusakan hutan memberikan sumbangsih yang amat vital pada perubahan cuaca. Hingga, pengaruhnya membuat suasana lingkungan panas, gerah dan serasa tidak nyaman. Padahal seharusnya wilayah Kota Medan yang berada di sekitar garis khatulistiwa beriklim tropis sedang, tidak panas dan tidak dingin. Namun yang dirasakan begitu panas seperti di gurun sahara.
Deforestasi memberikan pengaruh yang amat besar bagi manusia dan ekosistem alam lingkungan. Penebangan dan pengrusakan serta alih fungsi hutan membuat kualitas ekosistem alam dan lingkungan menurun hingga berujung pada berbagai bencana, seperti perubahan cuaca secara ekstrem. Menurut pakar lingkungan Universitas Riau, Tengku Ariful Amri, bahwa cuaca ekstrem yang melanda sebagian besar tanah air adalah dampak dari terhambatnya siklus hidrologi. Ini artinya, bahwa siklus hidrologi sudah tidak berjalan mengikuti tatanan sistem dan aturan karena hutan telah rusak dan mengakibatkan semakin menipisnya lapisan ozon.       


2.    Judul Artikel : Cuaca Ekstrem, DBD Mewabah
Waktu terbit : Kamis, 30/08/2012 13:20 WIB
Sumber         : Padang Ekspres
Simpulan isi :
Selama musim hujan, DBD menjadi wabah di beberapa daerah Sumbar. Selama agustus tercatat 56 kasus DBD. Kasus ini jauh meningkat dibandingkan juli 2012 yang hanya tercatat 10 kasus.
Untuk menanggulangi wabah ini Kepala Dinas Kesehatan  kota padang telah menginstruksikan agar seluruh puskesmas menggiatkan penyuluhan pada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan lingkungan dan tim penyemprot telah disiagakan dan disiapkan untuk melakukan penyemprotan.
Selain Kepala Dinkes Padang, Kepala Dinkes Sumbar mengimbau masyarakat untuk waspada dengan kondisi cuaca yang tak menentu karena kasus DBD bukan saja akibat perilaku masyarakat yang mengabaikan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), tetapi juga faktor cuaca. Dan masyarakat diminta untuk  menjaga kebersihan dan rutin menggelar pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

3.    Judul Artikel : Kekurangan Lahan, Sampah di Sangatta Terus Menumpuk
Waktu terbit  : Sabtu, 01 September 2012, 22:00 WIB
Sumber         : REPUBLIKA.CO.ID, SANGATTA
Simpulan isi  :
Volume sampah kian hari kian meningkat dan terlihat menumpuk di sekitar jalan Yos Sudarso, Sangatta membuat pemerintah kabupaten setempat kelimpungan. Salah satu penyebabnya adalah sulitnya mencari tempat pembuangan sementara dan tempat pembuangan akhir. Selain itu tingkat kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan juga masih minim. Dampak yang akan ditimbulkan karena bau yang tidak sedap tentunya akan menimbulkan penyakit bagi warga sekitar yang menghirup. Oleh karena itu Pemerintah Daerah dan DPRD akan terus memantau peningkatan volume sampah dan akan segera menyelesaikan raperda untuk disahkan supaya masalah sampah ini bisa segera diatasi.
C.   Mengapa memelihara kualitas lingkungan penting bagi kesehatan manusia ?
Jawab : karena lingkungan sangat berpengaruh bagi kesehatan manusia, apabila kualitas lingkungan buruk maka akan timbul banyak penyakit dan bencana yang akan menurunkan kesehatan dan merugikan manusia sendiri
4.  Jelaskan variabel-variabel yang mempengaruhi ukuran populasi!
Sebutkan negara atau wilayah yang mengalami penurunan populasi atau tetap!  Sebutkan pula negara yang diprediksi mengalami peningkatan populasi terbesar!
Jawab :
1.    Variabel – variabel yang mempengaruhi ukuran populasi adalah kelahiran, kematian, imigrasi, dan emigrasi. Ukuran populasi akan bertambah dengan adanya kelahiran dan imigrasi serta berkurang dengan adanya kematian dan emigrasi.
2.    Negara yg mengalami penurunan populasi atau tetap Afghanistan, uzbekistan, iraq.
3.    Negara yang mengalami peningkatan populasi China, India, USA, Indonesia, Brazil.
5.  Sebutkan dan jelaskan isu kesehatan lingkungan saat ini yang menurut Anda paling besar dampaknya terhadap kesehatan!
Jawab :
Menurut saya isu kesehatan lingkungan yang paling besar dampaknya adalah penumpukan sampah. Sampah yang semakin menumpuk akan menyebabkan banyak penyakit. Tidak hanya penyakit, sampah juga akan menimbulkan bencana banjir jika musim hujan tiba.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar